CARA MENCEGAH KERUSAKAN PADA MUATAN
Melindungi muatan merupakan tanggung
jawab pihak pengangkut (carrier) terhadap keselamatan muatan
berdasarkan from sling to sling / from tackle to tackle atau pada saat
muatan tercantol pada alat derek sampai terlepas pada alat derek..
kerusakan muatan dapat terjadi akibat :
1.keringat Kapal akibat perbedaan suhu
antara di luar dan di dalam palka kapal sehingga timbul bintik2
air pada dinding kapal.
2.keringat muatan disebabkan oleh suhu
dan sifat muatan itu
3.kebocoran dari muatan lain
4.pergeseran dengan kulit kapal
5.pergesekan dengan muatan lainnya
6.penanganan muatan yang tidak baik
7.muatan lainnya(kontaminasi)
8.pemanggasan (spontaneus heating)
9.pencurian atau (pilferage)
Berikut ini merupakan cara mencegah
kerusakan muatan yaitu..:
1.PENGGUNAAN DUNNAGE(PENERAPAN )
Dunnage lebih sering dikenal dengan kaki
atau ganjel untuk muatan..yang terdiri dari beberapa macam diantaranya :
a.Balok (untuk dibawah muatan)
b.Papan (dipasang diantara muatan)
c.Baji atu segitiga(dpasang pada muatan
yang bulat)
d.bamboo mate (bilik)
e.kertas
f.terpaulin(terpal)
manfaat dunnage adalah:-ada rongga antar
muatan sehingga terjadi sirkulasi
-Tekanan beban terbagi rata
-tidak menyinggung langsung bagian kapal
-sebagai pemisah muatan.
2.PENGIKAT DAN PENGAMANAN (LASHING AND
SECURING)
3.PEMBERIAN VENTILASI
sirkulasi udara pada palka untuk
mengurangi keringat
ventilasi ada 2 macam yaitu :a. alami
b.buatan
4.PEMISAHAN MUATAN (sifatnya korosif
dapat merusak besi) kotor dan bersih harus
dipisah
5.PERENCANAAN YANG PRIMA
Itulah cara cara atau teknik yang
dipakai dalam mencegah terjadinya kerusakan pada muatan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar