English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 01 April 2012

ANJUNGAN KAPAL

BAGAIMANAKAH MACAM-MACAMGELADAK DI BURITAN?
 
a.Navigation deck(geladak navigasi)
merupakan geladak yang berada di bagian navigasi kapal..sebelum ada GPS(global position system)& alat alat modern lainnya,,dipakai sebagai alat bantu bernavigasi..



b.Bridge deck(anjungan).merupakan geladak yang berada di anjungan kapal.



c.Boat deck merupakan geladak dari alat alat penyelamat seperti sekoci penolong,

d.Main deck(geladak utama) merupakan geladak yg terbentang di spanjang kapal dan merupakan geladak jalan terus



BAGAIMANAKAH MACAM-MACAM GELAGAK DI HALUAN?



a.Forecastle deck

Adalah tempat penyimpanan peralatan labuh jangkar atau ground tackle seperti:

1.mesin jangkar

2.uluk rantai jangkar

3.ground stocker (agar rantai tidak melorot)

4.stoper pengunci

di daerah belakang juga ada jangkar tapi kebanyakan untuk tempat mesin capstain.. dan alat alat sandar,ikat bui yg dipergunakan untuk tali sandar.

5.Plat form (geladak kamar mesin )

Merupakan geladak yang dibuat dengan lobang tujuannya supaya licin kemudian tidak ada genangan minyak (sama seperti tower ada geladak lobang ny juga.)



BAGIAN TIANG KAPAL



JIka suda 500 grt( gross register ton) maka sama dengan 2 tiang depan atau belakang

selisi 6 feet (1,8 m)

1.fore mast (tiang belakang lebih besar daripada tiang depan)

2.Mast head (tiang besar penyangga navigasi ,radar,klakson dsb)



MACAM-MACAM ALAT UNTUK BONGKAR MUAT



1.CRANC / CRANY

2.DERRICK



WIN HOUSE (mast house)

Mereupakan suatu rumah derek yang isinya digunakan sebagai tempat instalasi listrik panel panel listrik dsb.

kemudian bisa juga digunakan sebagai tempat penyimpanan spare part yg bisa berupa tali(kawat baja) atau wireruf



PALKA ATAU RUANG MUAT /HATC/HOLD



Derek 1 melayani palka 1 jenis nya Mc gregos

pon ton : merupakan lembaran daun tutup palka sehingga air tidak akan masuk atau tidak usah memakai terpal lagi



jumlah roda ny ada 16 buah

daun dan daun ny harus ada kuncinya sehingga aman jika terguncang gaya dari luar



GADING-GADING KAPAL



Adakah tempat menempelnya sheer plating atau kulit kapal dengan cara di wilding atau di las gading tidak menggunakan paku keling karena paku keling mempunyai kerugian diantaranya:

1.tidak ekonomis

2.tidak efisien dalam bekerja



TANGGA (LADDER)



TERDIRI DARI 2 MACAM YAITU:

1.Tangga Pipa(Railing pipe)

2.Tangga plate( Bulk wark plate)



A.Accomodation Ladder (gang way)

merupakan tangga lorong yang berhubungan dengan dermaga jika kapal sandar



B.Piloted Ladder

Tangga yang digunakan khusus untuk petugas pandu





APA YANG DI MAKSUD KULIT KAPAL?



Kulit kapal merupakan pembungkus agar kapal menjadi kuat secara melintang ataupun membujur..dengan cara di las tapi dulu di keling atau di paku dan menempel pada gading gading kapal yang berfungsi untuk:



1.Menambah daya apung cadangan

2.Makin panjang kapal makin tebal plat lunas

3.sebagai penambah kekuatan kapal



jadi merupakan bagian yang sangan penting sekali untuk berdirinya sebuah kapal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar