1.Syarat-syarat sekoci penolong
a.Semua sekoci penolong haruslah dibuat
cukup baik dan mempunyai bentuk dan ukuran sedemikian rupa sehingga jika
berlayar di laut yang bergelombang, mempunyai cukup keseimbangan dan
lambung timbul jika dimuati dengan pelayar pelayar yang diijinkan dengan
perlengkapan yang diharuskan.
b.Sekoci penolong harus mempunyai
pinggiran yang tetap (rigid) dan harus mempunyai alat-alat pengapung, di
dalam sekoci (internal buoyancy). Pemerintah dapat menyetujui sekoci
penolong yang mempunyai penutup tetap, dengan ketentuan bahwa segera
dapat dibuka dari dalam maupun dari luar dan tidak menyulitkan cepatnya
embarkasi atau penurunan dan pengurusan sekoci penolong. Semua sekoci
penolong monimal 24 kaki (7,3 m). Jika untuk suatu kapal panjangnya
dianggap tidak praktis , oleh administrator dapat diberikan kelonggaran
(dispensasi), asal tidak kurang dari 16 kaki atau 4,9 m.
c.Semua sekoci penolong beratnya
maksimal 20 ton berisi penuh dengan orang dan perlengkapan, dengan daya
angkut 150 orang.
d.Sekoci penolong dengan daya angkut
lebih dari 60 orang dan kurang dari 100 orang harus dilengkapi dengan
alat penggerak mekanis (mechanical propelled). Semua sekoci penolong
dengan daya angkut lebih dari 100 orang harus dilengkapi dengan motor.
e.Semua sekoci penolong harus cukup kuat
dan mampu diturunkan dalam keadaan selamat ke air dengan orang dan
perlengkapanya. Sekoci tersebut tidak akan mengalami defleksi apabila
over loaded 25%.
f.Sekoci penolong harus mempunyai
pinggiran atas (sheer) tidak kurang dari 4% panjang. Sheernya harus
kira-kira berbentuk parabola.
g.Sekoci penolong yang diijinkan memuat
lebih dari 100 orang volume daya apung cadangan harus ditambah sesuai
administratur keselamatan pelayaran.
h.Sekoci penolong harus mempunyai
cadangan daya apung atau harus dilengkapi dengan tangki udara atau
bahan-bahan yang sesuai sebagai tenaga apung yang tidak akan lapuk oleh
minyak atau bahan-bahan minyak lainya, cukup untuk mengapungkan sekoci
dan perlengkapan dilaut bebas. Juga sebagai tambahan ruangan yang kedap
air dari kotak-kotak atau semacmnya yang juga tidak akan lapuk oleh
minyak atau bahan-bahan minyak lainya yang setidak-tidaknya sama dengan
sepersepuluh kapasitas ruangan sekoci ini. Administratur keselamatan
pelayaran dapat mengijinkan kotak yang kedap udara ini terisi oleh
bahan-bahan apung yang tidak akan lapuk oleh minyak atau bahan-bahan
minyak lainya.
i.Semua bangku dan tempat duduk samping
harus dibangun rendah dan sepraktis mungkin.
j.Block coefficient untuk volume sekoci
ditentukan sesuai dengan peraturan administratur,
kecuali sekoci yang
terbuat dari kayu, block coefficientnya tidak boleh kurang dari 0,4.
2.Ukuran dan daya angkut sekoci
penolong:
a.Volume sekoci harus ditentukan dengan
rumus Simpson dan Stirling Rule atau metode yang lain dengan derajat
ketelitian yang sama. Kalau buritannya pipih, kapasitasnya harus
diperhitungkan sesuai dengan keadaanya.
b.Rumus Simpson :
Cap. =L/12 (4A+2B+4C)
L= Panjang sekoci (dalam meter/feet),
ditentukan dari sisi dalam.
A,B, dan C = Luas potongan melintang
sekoci pada ¼, ½ dan 1/3 panjang.
Luas area itu = h/12 (a+4b+2c+4d+e)
h = tinggi area tersebut dan,
a,b,c,d, dan e adalah lebar sekoci
teratur atau bagian dibawahnya dan seterusnya.
c.Daya Angkut orang.
1.Untuk sekoci yang panjangnya 24 kaki
atau lebih :
Kapasitas daya angkut = (Kapasitas dalam
kaki3/10)
Atau = (Kapasitas dalam m3/0,283)
2.Untuk sekoci yang panjangnya 16 kaki :
Kapasitas daya angkut = (Kapasitas dalam
kaki3/14)
Atau = (Kapasitas dalam m3/0,396)
3.Untuk sekoci penolong dengan panjang
lebih kecil dari 24 kaki tetapi lebih besar dari 16 kaki adalah sbb:
Kapasitas daya angkut = (Kapasitas dalam
kaki3/nilai interpolasi antara 10-n16)
Atau = (Kapasitas dalam m3/nilai
interpolasi antara 0,283-0,396)
3.Perlengkapan sekoci penolong.
1.Satu pasang dayung pada setiap bangku,
dua buah dayung sebagai cadangan, satu setengah set kleti terikat pada
sekoci dengan tali atau rantai dan satu gancu sekoci.
2.Dua buah prop untuk setiap lubang prop
terikat dengan tali atau rantai pada sekoci ( kecuali apabila
menggunakan automatic valve).
Gayung.
Dua ember yang telah memenuahi syarat
uji.
3.Kemudi yang terpasang pada sekoci
dengan engsel dan penya (tiller).
4.Dua buah kapak
5.Lentera berikut minyak mampu menyala
12 jam .
Dua kotak korek api tahan angin
tersimpan dalam kotak yang kedap air.
6.Tiang dan layar berwarna jingga
beserta tali kawat yang digalvanisasi.
7.Kompas dengan cincin-cincin lenja dan
penerangan yang mudah dibaca.
8.Tali pengaman dengan pengapung yang
mengelilingi sekoci.
9.Kala-kala (sea anchor) yang memenuhi
syarat.
10.Dua tali tangkap (painters) dengan
panjang yang cukup, satu terletak didepan dengan cakil dan satu
dibelakang siap dipakai.
11.Satu galon(4 ½ liter) minyak peradam
ombak.
Container untuk menyimpan minyak
demikian rupa sehingga dapat mudah digunakan dan juga mudah digunakan
pada kala-kala.
12.Sejumlah makanan yang memenuhi syarat
sesuai kapasitas banyaknya orang di sekoci. Makanan harus tersimpan
dalam tempat kedap udara dan tersimpan pada kotak yang kedap air.
13.Sejumlah 3 liter air tawar tersimpan
dalam tempat yang kedap air untuk setiap orang sesuai kapasitas orang
dalam sekoci yang tidak berkarat.
14.Empat buah cerawat payung yang mudah
dapat memberikan cahaya terang merah yang mencapai suatu ketinggian.
Enam buah cerawat tangan yang mudah dapat memberikan cahaya merah.
15.Dua buah bouyant smoke signal (asap
jingga) dapat dipakai siang hari.
16.Peralatan- peralatan yang dapat
membantu orang masuk sekoci, termasuk lunas samping dengan grap lines
untuk membalikkan sekoci apabila terbalik.
17.Peralatan P3K pada koptak yang kedap
air.
18.Senter yang kedap air yang mampu
untuk mengirimkan semboyan morse serta batu batere dan lampu tersimpan
dalam kotak yang kedap air.
19.Cermin untuk senboyan siang hari.
20.Pisau lipat yang dilengkapi dengan
alat pembuka kaleng terikat pada sekoci.
21.Dua pasang tali buangan yang ringan
dan terapung.
22.Pompa lensa atau pompa kemarau yang
digunakan dengan tangan.
23.Lemari-lemari yang dapat untuk
menyimpan peralatan-peralatan yang kecil-kecil.
24.Satu sulinh atau peralatan yang
serupa.
25.Satu set peralatan memancing.
26.Satu pasang penutup sekoci yang
berwarna sangat mencolok.
27.Satu copy tentang isyarat-isyarat
dalam bahaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar