Despatch adalah pengiriman; lamanya
kapal singgah di pelabuhan; penyelesaian pemuatan atau pembongkaran
lebih cepat dari waktu yang disetujui
Despatch Money adalah uang kompensasi
despatch
Deviation Clause adalah keterlambatan
kapal yang disebabkan oleh perubahan track atau haluan kapal untuk
menghindari bahaya navigasi yang mengancam. Keterlambatan karena
perubahan haluan kapal tersebut ditanggung oleh kedua belah pihak
(shipper dan carrier)
Direct B/L adalah B/L mengenai muatan
yang ditujukan ke pelabuhan tertentu
Displacement = Berat benaman adalah
adalah berat zat cair yang dipindahkan oleh kapal itu, atau hasil
penjumlahan dari berat kapal kosong (light displacemen) dan Dead Weight
Disponent Owners adalah pencharter yang
menyewakan kembali kapal yang dicharternya dari ship's owner
Dock Water Allowance (DWA) adalah
perubahan draft rata-rata jika kapal berlayar dari air payau ke air
laut, atau sebaliknya.
Draught adalah draft; benaman; jarak
dari lunas sampai garis air
Dry Container adalah (peti kemas untuk
barang kering dalam bentuk umum). Peti kemas dari jenis ini digunakan
antara lain untuk membawa barang-barang campuran atau "general cargo"
dimana tidak diperlukan sesuatu perlakuan khusus seperti udara dan
peranginan lantai, dinding dan pintunya dibuat sedemikian rupa sehingga
cukup menjamin keamanan barang itu sendiri
Due diligence adalah klausul dalam The
Huge Rules article III yang menyatakan tentang kewajiban carrier sebelum
dilakukan pemuatan wajib menyiapkan ruang muatan (dilakukan pembersihan
palka), kapalnya di buat layak laut (melengkapi alat-alat keselamatan,
melengkapi certifikat dan dokumen kapal, menyediakan perbekalan yang
cukup,dll)
Dunnage adalah
1. sesuatu yang ditempatkan antar
muatan, atau antara muatan dan lantai/dinding palka kapal, yang
berfungsi
sebagai penopang muatan untuk melindungi
muatan.
2. terapan; ganjal; bahan-bahan pemisah
muatan supaya jangan beradu/bersentuhan satu sama lain
Dunnage Tetap adalah Dunnage yang sudah
dipasang diatas kapal sejak kapal dibangun, dan dunnage ini sifatnya
tetap tidak boleh dilepas dari posisinya. Biasanya dipasang pada
gading-gading, pada sekat kedap air, pada lantai ruang palka, pada
rangka kayu yang menutupi pilar-pilar dan pipa-pipa dalam ruang palka
(wooden cashing)
Dunnage Tidak Tetap adalah dunnage yang
disiapkan dikapal sesuai dengan jenis dan sifat muatan yang akan dimuat,
pada umunya berupa papan kayu, sasak, kepang, plastik, kayu balok, net
nylon, kertas dll.
Dwelling Time adalah rata-rata tiap ton
atau meter kubik atau peti kemas yang ditumpuk selama satu bulan.
Ekspeditur (Perusahan Ekspedisi Muatan
Kapal Laut = EMKL, FORWARDING, dll) adalah perusahaan yang
menyelenggarakan usaha melayani pengurusan dokumen-dokumen serta system
prosedur yang diperlukan untuk mengirim/mengeluarkan barang ke dan dari
kapal/gudang/lapangan penumpukan container di pelabuhan.
Down adalah suatu keadaan dimana kapal
dimuati hingga mencapaai sarat maksimum yang diijinkan.
Draught adalah draft; benaman; jarak
dari lunas sampai garis air
Dry Container adalah (peti kemas untuk
barang kering dalam bentuk umum). Peti kemas dari jenis ini digunakan
antara lain untuk membawa barang-barang campuran atau "general cargo"
dimana tidak diperlukan sesuatu perlakuan khusus seperti udara dan
peranginan lantai, dinding dan pintunya dibuat sedemikian rupa sehingga
cukup menjamin keamanan barang itu sendiri
Employment adalah pemakaian kapal dalam
dinas pelayaran tertentu
Endorsee adalah orang; kepada siapa
pemegang Order B/L memindahkan haknya atas B/L yang bersangkutan
Endorser adalah orang yang memindahkan
haknya atas Bill of Lading, endorsant.
Endorsment adalah pemindaan hak atas
Order B/L
Except Bewijs adalah tanda bukti
kekurangan; Non Delivery Report
Expenses adalah biaya-biaya kapal selama
dipelabuhan
Explosimeter adalah alat yang digunakan
untuk mengukur kadar gas hidrokarbon, atau disebut juga Combustion Gas
Indicator (petunjuk gas yang dapat terbakar)
Fair Wear and Tear adalah kerusakan atau
kemunduran kondisi benda-benda sebagai akibat pemakaian/keausan normal
Faktur Penjualan Barang adalah dokumen
yang membenarkan bahwa eksportir secara sah tidak memberi barang yang
diluar kepada si pembeli.
FCL (Full Container Load) adalah
container yang berisi muatan milik satu shipper.
FCL/FCL, FCL/LCL, LCL/LCL, adalah salah
satu system pemuatan dan pembongkaran barang dari dan kedalam container.
Feeder Service adalah satu pelayaran
yang melayani angkutan antara pelabuhan pedalaman dengan pelabuhan
pengumpul (Induk); kapal yang melayani pengangkutan muatan barang-barang
impor yang dibongkar kapal-kapal samudera di pelabuhan induk untuk
diangkut ke pelabuhan-pelabuhan di sekitar pelabuhan induk.
Fighting Ship adalah kapal cargo yang
dioperasikan untuk membayangi kapal saingan dengan tarif angkutan sangat
rendah; tujuannya mematikan saingan tersebut. Di banyak negara praktek
Fighting Ship tidak diijinkan.
Filler Cargo adalah muatan berukuran
kecil yang dipakai untuk mengisi ruangan yang tidak bisa dipakai untuk
muatan-muatan besar, yang bertujuan untuk memperkecil Broken Stowage.
Final Stowage Plan adalah bagan
pemadatan muatan didalam palka kapal setelah muatan selesai dimuat di
kapal.
First Carrier adalah pengangkut pertama,
yang mengangkut dari pelabuhan pemuatan sampai pelabuhan transhipment
Fixture Memo adalah ringkasan (extract)
charter party, dibuat sebelum penandatanganan Charter Party yang
bersangkutan. Fixture Note
Flag of Convenience adalah bendera
pemerintah yang dapat dipakai kapal (dengan persyaratan safety yang
ringan); maksudnya adalah mendaftarkan kapal di negara lain (yang
mengenakan tarif dan syarat pendaftaran lebih ringan) dengan maksud
untuk menekan biaya eksploitasi kapal
Flammable solid adalah zat yang padat
(muatan berbahaya class 4) yang mudah menyala dan menyebar jika
berhubungan dengan nyala (ignition) seperti korek api.
Flat Rack Container adalah jenis
container yang berupa container terbuka yang berfungsi untuk memuat
barang- barang yang tidak dipack.
Flenzen adalah muatan yang datangnya
terlambat pada saat kapal akan berangkat sehingga belum ditempatkan di
palka dengan baik (temporary stowage).
Float, a adalah terapung
Force Majeur adalah keadaan/situasi yang
tidak dapat dikuasai dengan tindakan manusia
Forklift adalah alat yang digunakan
untuk mengatur muatan di gudang; pesawat garpu angkat besar untuk
memindahkan peti kemas
Foul Bill of Lading adalah Bill of
Lading yang di dalamnya terdapat catatan tentang kerusakan muatan.
Free Board adalah jarak tegak antara
sisi atas deck line sampai dengan permukaan air saat itu.
Free from Particular Average (FPA)
adalah bebas dari particular average
Free in (FI) adalah syarat pengapalan
yang menetapkan bahwa biaya pemuatan dibayar oleh
pengiriman/pencharter/charterer
Free In and Out Stowed (FIOS) adalah
biaya-biaya pemutan, pembongkaran dan pemadatan muatan ditanggung oleh
pemilik muatan atau pencharter
Free Moisture adalah upaya melindungi
muatan terhadap cairan yang terdapat di palka, yang disebabkan oleh
adanya kebocoran lambung, tangki atau tutup palka tidak kedap air,
cairan yang mengalir dari deck, kebocoran pada pipa-pipa sanitari, pipa
pengisian air tawar, dll.
Free of Capture and Seizure (FC & S)
adalah bebas dari kerugian akibat penangkapan dan penahanan barang
pertanggungan oleh penguasa/pemerintah
Free on Board (FOB) adalah syarat
penjualan yang menetapkan bahwa penjual menanggung biaya-biaya sampai
barang dimuat di atas kapal
Free Out (FO) adalah syarat pengapalan
yang menetapkan bahwa biaya pembongkaran dibayar oleh
consignee/charterer
Freight adalah uang tambang; muatan;
uang sewa charter (khusus dalam Trip Charter)
Freight Conference adalah persekutuan
perusahaan-perusahaan liner service antar benua dalam wilayah operasi
tertentu, untuk mengatur tarif angkutan, alokasi muatan dan
syarat-syarat pengangkutan
Freight Prepaid adalah uang tambang
dibayar tunai ketika muatan dikapalkan/dimuat Freight, Back adalah
tambahan uang tambang atas pengembalian muatan kapal yang tidak dapat
diserahkan di pelabuhan tujuannya (misalnya ditolak oleh consignee)
Freight, Distance adalah uang tambang
ekstra/ tambahan yang harus dibayar kalau kapal terpakasa membongkar
muatan di tempat lain yang jauh dari tempat tujuan yang disebut dalam
B/L (karena pelabuhan tujuan tak dapat
dimasuki sebab ada pemogokan, wabah
penyakit, dan lain-lain)
Fresh Water Allowance (FWA) adalah
perubahan draft rata-rata jika kapal berlayar dari air tawar ke air laut
atau sebaliknya.
Full adalah suatu keadaan dimana kapal
dimuati hingga seluruh ruang muat penuh.
Full and Down adalah suatu keadaan
dimana kapal dimuati hingga seluruh ruang muat penuh dan mencapaai sarat
maksimum yang diijinkan.
G = Gravity = Centre Of Gravity = tititk
berat kapal adalah titik tangkap dari semua gaya yang bekerja ke bawah.
Letak titik G tergantung dari pembagian
bobot di kapal. Titik G bekerja gaya
ke bawah yang besarnya sama dengan berat benaman atau berat zat cair
yang dipindahkan oleh kapal atau berat seluruh kapal termasuk muatan,
dll.
Gang Hour adalah kemampuan buruh dalam
muat bongkar barang dalam setiap jamnya.
Gas adalah suatu zat (muatan berbahaya
dalam bentuk gas) yang mempunyai tekanan uap lebih besar dari 300 K
Pa pada suhu 500 C atau akan menjadi gas
dengan suhu 200 C pada tekanan atmosfir. Gas ada yang berbahaya dan ada
yang tidak berbahaya
Gas Free adalah pemeriksaan tangki atau
ruang muat dengan menggunakan alat tertentu (gas detector) yang
menyatakan bahwa tangki atau ruang muat telah aman dari gas beracun atau
resiko meledak.
Gas Freeing (pembebasan gas) adalah
pembersihan toxid (racun), flammable atau inert gas (uap) dari ruangan
tangki atau container yang diikuti oleh pemasukan udara segar kedalam
tangki/container.
Gas Safe (aman dari gas) adalah suatu
daerah/ruangan yang tidak dirancang sebagai suatu daerah untuk gas
berbahaya.
General Average adalah kerusakan umum;
semua kerugian dan biaya yang dalam keadaan darurat sengaja di buat,
dengan tujuan untuk menye-lamatkan kapal dan muatannya
General Average adalah perbandingan
pengorbanan dari semua pihak yang berkepentingan sesuai dengan nilai
dari barang yang dimilikinya, pada waktu sejumlah barang muatan
dikorbankan untuk menyelamatkan kapal dan muatan lainnya dari suatu
bahaya.
General Average Adjuster adalah ahli
mengurus dn menghitung besarnya kerugian General Average serta
menetapkan besarnya kerugian masing-masing pihak yang terlibat dalam
tindakan General Average
General Average Bond adalah uang jaminan
General Average yang harus dibayar oleh pemilik muatan ketika mengambil
barangnya
General Cargo Rates adalah tarif untuk
barang-barang yang tidak termasuk kedalam commodity rates ataupun class
rates.
Grain Capacity adalah volume ruang palka
dihitung dari floor sampai pertengahan deck beam dan antara pertengahan
gading-gading frame.
Grain Cargo adalah muatan berupa
barang-barang berbutir seperti beras, gandum, dll
Grantry Crane adalah alat muat bongkar
untuk muatan container; crane raksasa yang dipasang di atas rel
sepanjang dermaga pelabuhan, untuk membongkar dan memuat peti kemas dari
dan ke kapal
Gross Freight adalah uang tambang kotor
yang belum dikurangi rabat
Ground, a adalah kandas; bertumpu pada
dasar laut
GRT= Gross Tonnage adalah volume semua
ruang yang dapat di tutup kedap air, Besar kecilnya GRT sudah tertera
dalam sertifikat kapal.
Gudang Entreport adalah gudang tempat
menyimpan barang-barang impor yang belum sepenuhya memenuhi
kewajiban-kewajibannya membayar bea masuk
Gudang Laut = Gudang Diepzee; Gudang
Linie ke-I; Gudang Pabean, adalah gudang yang terletak di tepi laut (on
the waterfront), tempat menyimpan barang-barang yang baru saja dibongkar
dari kapal atau segera untuk dimuat di atas kapal
Hague Rules, The adalah Konvensi
Internasional tentang pengangkutan di laut, yang dihasilkan oleh
International
Law Association yang ditanda tangani
secara resmi oleh negara-negara maritime di kota Den Haag Belanda pada tanggal 25
Agustus 1924.
Hard Arm adalah lengan pipa yang
digunakan pada terminal-terminal untuk menghubungkan, pipa tepi pantai
ke ship manifold.
Hatch adalah palka
Hatch List adalah sebuah daftar barang
dan nomor palkanya yang akan dibongkar di tiap pelabuhan bersangkutan.
Heavy Cargo= Heavy Lift Cargo= muatan
berat adalah muatan yang SF-nya < km =" KB" tolak =" Berat" benaman
="
Displacement" tongkang =" barges).">
40 cuft/longton atau > 1,16 m3/ton, misalnya kopi, beras, semen,
kapas, rotan, dll.
Light Displacement adalah berat benaman
kapal kosong.
Light Load Line (LLL) adalah garis air
kapal kosong
Light Ship (berat kapal kosong) adalah
berat badan kapal ditambah inventaris tetap.
Lighterage adalah usaha jasa dalam
bidang angkutan barang, yang mengangkut muatan dari darat ke kapal-kapal
yang berlabuh atau sebaliknya dari kapal ke darat.
Liner Service adalah dinas pelayaran
dengan route tetap dan teratur
Liquified Natural Gas (LNG) adalah gas
alam yang dicairkan
Liquified Petroleum Gas (LPG) adalah gas
minyak bumi yang dicairkan
Loaded Displacement adalah berat benaman
kapal pada sarat maksimum.
Loadline Certificate adalah sertifikat
yang menetapkan minimum dan maksimum lambung kapal boleh timbul
dipermukaan air
Locker adalah ruangan kecil di kapal
(biasanya pada tween deck) yang diperkuat dengan terali besi dan di
gembok; tempat menyimpan muatan berharga tinggi
Log Carrier adalah kapal khusus
pengangkut kayu balok
Long Hatch adalah keterlambatan muat
bongkar karena terlambat disalah satu palka. (muatan yang seharusnya
dibongkar disuatu pelabuhan, tertindih oleh muatan yang untuk pelabuhan
berikutnya).
Long Lengt Rates adalah tarif yang
dikenakan untuk barang-barang yang panjang tiap kolinya melebihi batas
panjang yang telah ditetapkan.
Longlenght Cargo adalah muatang yang
panjangnya melebihi jangka mulut palka (hatch coaming).
M = Metacentre = titik metasentrum
adalah
1. sebuah titik yang tidak boleh dilalui
oleh titik G agar stabilitas kapal tetap positif. Meta
berarti berubah-ubah, jadi metacentre adalah titik pusat yang
berubah-ubah tempatnya. Perubahan letak titik M tergantung dari besarnya
sudut senget, makin besar sudut senget, perpindahan titik M makin jauh
pula.
2. Titik potong antara perpanjangan gaya bouyancy dan
centre line, pada saat kapal miring
Man adalah awak kapal, anak buah kapal
Manko adalah selisih antara berat muatan
yang dimuat dan dibongkar.
Marine Insurance Policy adalah Polis
Asuransi Laut
Mate Receipt (resi mualim) adalah surat tanda
terima sementara barang dikapal oleh perwira kapal atau mualim
kapal dan berdasarkan mate receipt
inilah pengirim barang menukarkan dengan tanda terima yang sah yaitu
B/L.
Measurement Ton adalah suatu ukuran
muatan yang diperhitungkan 1 measurement ton sama dengan 40 cuft atau
1,116 m3.
Melayang adalah keadaan kapal dimana
gaya-gaya keatas dan kebawah sama atau hampir sama, Buoyanci = Gravity.
Mengapung adalah keadaan kapal dimana gaya tekanan ke atas masih mampu menahan gaya berat, atau gaya
keatas lebih besar dari gaya
kebawah, Bouyancy > Gravity.
Merchant Marine adalah pelayaran niaga
Metacentric Height (GM) adalah sebagai
ukuran stabilitas awal. GM = KM - KG.
MFAG (Medical First Aid Guide) adalah
pedoman pertolongan kecelakaan pertama (P3K) yang diakibatkan oleh
barang-barang berbahaya, sebagai standar yang dipakai oleh IMO/WHO/ILO.
Minimum Rates adalah tarif yang
merupakan tarif terendah untuk tiap collie barang kirirman.
Molest adalah moles; resiko peperangan
dan tindakan kejahatan
Monsterrol adalah crew list, surat sijil,
daftar anak buah kapal, lengkap dengan jabatannya masing-masing
Muatan Basah adalah muatan cair dalam
botol atau drum yang kemungkinan bocor sangat besar, misalnya bir,
minyak, jenis-jenis ,minuman, dll.
Muatan Berat adalah muatan yang SF-nya
<> 40 cuft/longton atau > 1,16 m3/ton, misalnya kopi, beras,
semen, kapas, rotan, dll.
Navigable Waters adalah perairan yang
dapat dilayari
Negligence Clause adalah syarat
kelalaian; pengangkut bebas dari tanggung jawab atas kerugian akibat
kelalaian nahkoda dan anak buahnya dalam hal navigasi dan manajemen
kapal
Negotiable Bill of Lading adalah
Original Bill of Lading; konosemen yang dapat diperjual belikan
Not Otherwise Enumerated (NOE) adalah
tidak dinyatakan secara khusus (tidak disebut secara khusus)
Notice of Claim adalah nota
pemberitahuan penuntutan klaim
Notice of Readiness adalah surat
pemberitahuan dari Nahkoda kepada penyewa kapal, yang menyatakan bahwa
kapal siap memulai pembongkaran atau pemuatan
NRT=Net Register Tonnage=Net Tonnage=
volume semua ruang yang dapat digunakan untuk muatan
Obligation for Expenses adalah syarat
charter tentang pembebanan biaya kapal kepada shipowner dan charterer
OBO adalah Oil Bulk and Ore
OBO Carrier adalah Oil, Bulk, and Ore
Carrier; semacam kapal tangki yang dapat digunakan untuk mengangkut
muatan biji tambang, muatan curah dan minyak bersama-sama atau
berganti-ganti
Odoriser adalah senyawa yang berbau amis
(stenching) yang ditambahkan ke gas petroleum cair untuk memberikan bau
khas. Biasanya dipakai Ethyl mercapton.
Odour (Bau) adalah suatu karakteristik
muatan yang dipakai sebagai peringatan terhadap suatu resiko bahaya
misalnya:
Anaesthetic (lupa) adalah berkaitan
dengan mengantuk
Acrid (tajam) adalah berkaitan dengan
bisa menyala
Ammoniacal (keras) adalah berkaitan
dengan amonia.
Etherial (bius) adalah berkaitan dengan
mengantuk.
Fragant (harum) adalah berkaitan dengan
kenyamanan
Irritating (merangsang) adalah berkaitan
dengan bau yang tidak nyaman
La Chrymatury (keluar air mata) adalah
berkaitan dengan yang dapat menyebabkan menangis
Nacrotic adalah menyebabkan mengantuk/
lupa ingatan
Phenolic (asam karbol) adalah
menyebabkan bau karbol
Pungent (pedas) adalah menyebabkan
pegaruh kuat pada rasa
Odour adalah bau, smell (contohnya bau
yang dikeluarkan kopra)
Oil, Crude adalah minyak mentah
Oil, Vegetable adalah minyak nabati
Oil/Bulk Capacity adalah volume ruang
palka dihitung dari floor sampai sisi atas deck beam dan antara kedua
sisi kulit kapal.
Open side Container adalah (peti kemas
dengan pintu disamping). Peti kemas jenis ini mempunyai pintu disamping
dimana biasanya digunakan terpal sebagai penutupnya
Open Top adalah jenis container yang
berupa container yang terbuka dibagian atasnya, ditutup dengan terpal
khusus untuk muatan kaca-kaca, dll.
Operating Load adalah berat yang
diperlukan untuk pengoperasian kapal. yaitu: bahan bakar (fuel oil) +
air tawar (fresh water) + perbekalan (store) + ballast.
Optional Bill of Lading adalah B/L
mengenai muatan yang pelabuhan tujuannya masih akan dipilih dari 2 atau 3
pelabuhan yang disetuji
Optional Cargo adalah muatan yang
sementara waktu mempunyai lebih dari satu pelabuhan bongkar.
Order Bill of Lading adalah konosemen
atas tunjuk, yang dapat dipindah tangankan dengan endosemen
Ordorus cargo adalah muatan yang
mengeluarkan bau dan karena baunya itu dapat merusak muatan lain.
Organic Peroxides adalah (muatan
berbahaya class 5), zat ini menyala denga hebat dapat menyerang mata dan
kulit. Reaksi ini timbul bukan hanya
karena naiknya suhu tetapi juga kondisi yang tidak bersih.
Outward Cargo adalah muatan yang
diekspor
Over Carriage Cargo adalah keadaan
dimana suatu muatan terbawa melewati pelabuhan bongkarnya, karena
kelalaian dalam membongkar.
Over in Dispute adalah selisih hitungan
(collie dihitung lebih banyak dari pada yang disebut dalam dokumen)
Over Stowage Cargo adalah keadaan dimana
suatu muatan yang akan dibongkar berada dibagian bawah muatan yang akan
dibongkar dipelabuhan berikutnya.
Overstowed adalah tertindih, muatan
untuk pelabuhan terdekat dipadat di bawah muatan untuk pelabuhan yang
berikutnya
Oxidizing Substance adalah (muatan
berbahaya class 5), zat yang terdiri dari campuran bahan anorganik jika
kena panas akan mengeluarkan oxygen yang dapat bereaksi dengan zat lain
membentuk Oxides.
Oxygen Analyser adalah instrument yang
digunakan untuk mengukur konsentrasi oxigen dalam persen terhadap
volume ruangan/tangki.
Oxygen Deficient Atmosphert adalah
atmosphere yang berisi kurang dari 21% oxygen dari ruang.
Paramount Clause adalah syarat
penggantian kerugian maksimum yang dapat diberikan oleh pengirim/
shipper, kalau nilai dan sifat muatan tidak diberitahukan kepada
pengangkut sebelum pengapalan. Paramount clause tidak berlaku apabila
pengirim (shipper) sudah mencantumkan nilai muatan berharga tersebut.
Parcel Rates adalah tarif yang dikenakan
pada pengiriman paket kecil.
Partial Loss adalah kerugian sebagian
Passanger Vessel adalah kapal penumpang
Pelabuhan adalah lingkungan kerja yang
terdiri dari area daratan dan perairan yang dilengkapi dengan fasilitas
tempat berlabuh dan bertambatnya kapal untuk terselenggaranya bongkar
muat barang serta turun naiknya penumpang dari moda transportasi laut ke
moda transportasi lainnya, atau sebaliknya. Kepelabuhanan adalah
meliputi segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan penyelenggaraan
pelabuhan dan kegiatan lainnya dalam melaksanakan fungsi pelabuhan untuk
menunjang kelancaran, keamanan dan ketertiban arus lalu lintas kapal,
penumpang, dan atau barang, keselamatan berlayar, tempat perpindahan
Intra dan atau antar moda serta mendorong perekonomian nasional secara
fisik.
Peril adalah bahaya; bencana
Perils of the Sea adalah bencana akibat
dari keadaan laut yang buruk (seperti cuaca buruk, taufan)
Pilot adalah pandu kapal; orang yang
bertugas memandu kapal untuk berlayar diperairan wajib pandu
Plimsoll Mark atau Load Line atau Merkah
Kambangan adalah sebuah tanda untuk membatasi jumlah beban yang boleh
diangkut kapal dengan aman.
Polis Asuransi Laut (Marine Insurance
Policy) adalah surat
bukti tentang diasuransikan barang yang dikirimkan dengan kapal laut
dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain. Polis asuransi ini dikeluarkan
oleh perusahaan asuransi.
Port Administrator adalah pejabat
pelabuhan; administrasi pelabuhan (ADPEL)
Port Authority adalah badan penguasa
pelabuhan; kesyahbandaran
Port Mark adalah memberi tanda yang
jelas pada muatan tentang pelabuhan tujuan atau pelabuhan bongkar dari
tiap-tiap muatan. Hal ini untuk menghindari over carriage. Misal muatan
untuk pelabuhan Surabaya Medan diberi tanda B, pelabuhan Jakarta diberi tanda C. diberi
tanda A, pelabuhan
Port of Call adalah pelabuhan
persinggahan (yang disinggahi kapal)
Powder Room adalah ruang kapal khusus
untuk menyimpan bahan peledak
Preservation adalah penyimpanan muatan
selama dalam pengangkutan
Prima Facie Evidence adalah bukti
sekedarnya; carrier tidak memeriksa kondisi muatan yang ada di dalam
suatu pembungkus/kemasan sehingga kalau terjadi kerusakan sedangkan
pembungkusnya masih utuh maka carrier tidak bertanggung jawab. Apabila
pada saat pemuatan ditemukan pembungkus yang rusak atau tidak utuh maka
dibuat
Cargo Damage Report.
Prinsip-Prinsip Pemuatan adalah
prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dan dilaksanakan dalam kegiatan
pemuatan. Antara lain:
Melindungi awak kapal dan buruh (safety
of crew and longshoreman).
Melindungi kapal (to protect the ship).
Melindungi muatan (to protect cargo).
Melakukan muat bongkar secara cepat dan
sistematis (rapit and systematic loading and discharging).
Penggunaan ruang muat semaksimal
mungkin.
Profit Margin adalah batas keuntungan
minimum
Prompt Ship adalah kapal yang dalam
waktu pendek siap untuk diserahkan kepada pencharter
Protection and Indemnity (P & I)
adalah perlindu-ngan dan jaminan; sejenis asuransi laut gotong royong
guna memberikan jaminan terhadap kepentingan pemilik kapal dan
orang-orang yang bekerja padanya
Purging adalah pemasukan nitrogen atau
inert gas atau uap muatan untuk menggantikan atmosfer yang ada dari
sistem pengkemasan.
Pyrophoric adalah zat padat (muatan
berbahaya class 4) walaupun jumlahnya sedikit dapat menyala sendiri jika
terkena panas dari suatu reaksi dengan oksigen.
Radio Safety adalah sertifikat keamanan
radio, menyatakan bahwa kapal dilengkapi dengan pesawat radio penerima
dan pemancar yang memenuhi syarat
Ramp adalah semacam jembatan yang
menghubungkan kapal dengan dermaga tersebut yang merupakan perlengkapan
kapal peti kemas untuk keperluan muat bongkar secara ro-ro. Rampa
Rate War adalah perang tarif (saling
menurunkan tarif agar saingan mati)
Rate, Loading and Discharging adalah
kecepatan muat bongkar kapal perjam
Rebate System adalah cara pembayaran
uang tambang dengan menetapkan satu tarif kotor (gross freight), lalu
kepada pembayar uang tambang diberikan rabat
Recta Bill of Lading adalah konosemen
atas nama consignee tertentu atau straigt B/L.
Re-Delivery adalah penyerahan kembali
kapal kepad pemiliknya, setelah setelah perjanjian time charter berakhir
Reefer adalah jenis container yang
dilengkapi dengan mesin pendingin.
Reefer Container adalah (peti kemas
untuk muatan beku). peti kemas dari jenis ini digunakan khusus untuk
barang- barang yang memerlukan pendingin dengan suhu udara dibawah 00 C,
baik sekali untuk muatan seperti buah- buahan, daging segar, sayur
mayur, dll. Peti kemas jenis ini mempunyai mesin pendingin di bagian
belakangnya
Refrigerated Cargo (muatan dingin)
adalah muatan yang memerlukan ruangan khusus yang dilengkapi dengan alat
pendingin.
Refrigerated Cargo Carrier adalah kapal
yang dilengkapi dengan ruang beku; kapal pengangkut muatan beku.
Reefer Cargo Carrier
Refrigerating and Cool Chambers adalah
ruang beku atau kamar dingin
Reporting Day adalah hari pertama dimana
kapal charter harus siap memulai pemuatan; periode waktu sebelum
cancelling date dimana dalam selang waktu tersebut owner menyatakan
bahwa kapal telah siap dicharter
Resi Mualim adalah tanda bukti
penerimaan muatan oleh mualim, Mate's Receipt
Return Cargo adalah muatan kembali;
muatan yang dapat diangkut kapal dalam perjalanan pulang ke pangkalan
(baseport)
Revenue Ton adalah suatu ukuran untuk
menentukan freight (uang tambang), pertimbangan antara berat dan volume
barang.
Reversable Laydays adalah kompensasi
antara hari-hari Despatch dengan hari-hari Demurrage satu sama lain
Righting Moment = Momen penegak adalah
momen yang akan mengembalikan kapal kekedudukan tegaknya setelah miring
karena mendapat gaya-gaya dari luar dan gaya tersebut tidak bekerja lagi.
Rumus Momen Penegak = W x GZ. Dimana GZ
adalah lengan penegak atau righting arm
Roll On Roll Off adalah cara pemuatan
dan pembongkaran muatan dimana muatannya diangkut dengan trailer
(gandengan truck) lalu trailernya dibawa/dikapalkan ke pelabuhan tujuan
bersama-sama muatannya. Dalam pengapalan peti kemas dengan sistem Ro-Ro,
trailernya tidak ikut berlayar melainkan hanya mengantarkan saja ke
dalam kapal atau menjemput dari dalam kapal.
RORO (Roll On Roll Off) adalah jenis
kapal yang dilengkapi dengan ramp
(jembatan/jalan) untuk kendaraan masuk
atau keluar kapal langsung ke dermaga (kapal pengangkut mobil).
Safe Working Load (SWL) atau Keamanan
Muat adalah berat beban maksimum yang dapat diangkut dengan aman; jumlah
bobot maksimum yang diijinkan bagi seutas tali untuk dapat mengangkut
beban tersebut dengan aman.
Safety Factor adalah perbandingan antara
kekuatan putus dengan Keamanan muat.
Sagging adalah perubahan bentuk kapal
yang diakibatkan karena penempatan muatan yang dikonsentrasikan pada
tengah-tengah kapal akibatnya kapal akan mudah patah.
Salvage adalah imbalan yang diberikan
atas dasar menyelamatkan kapal dan
atau muatan sebagian/ seluruhnya dari
bahaya laut, biasanya bernilai besar. Penyelamatan dalam hal ini adalah
penyelamatan muatan dan kapal bukan manusianya, karena menyelamatkan
manusianya adalah termasuk kewajiban sesama manusia
Sarat lihat draught
Schedule, Sailing adalah jadwal
perjalanan/pelayaran kapal.
Seagoing Ship adalah kapal samodera.
Seaworthy adalah layak laut; laik laut,
zeewaarding
Seaworthy Certificate adalah sertifikat
layak laut; Certificate of Seaworthiness.
Seaworthy Package adalah kemasan muatan
yang memenuhi syarat pelayaran samodera
Second Carrier adalah pengangkut kedua
yang mengambil bagian dari pelabuhan transhipment sampai ke pelabuhan
tujuan
Segregation Table adalah sebuah daftar
rekomendasi pemadatan muatan berbahaya sesuai sifatnya masing- masing .
Self Heating adalah zat padat (muatan
berbahaya class 4) yang dapat menyala sendiri jika disimpan terlalu lama
atau perjalanan panjang dalam jumlah besar, misalnya bubuk carbon.
Separation atau Segregation adalah usaha
mencegah over stowage dengan memisahkan muatan dari pelabuhan bongkar
yang berbeda dengan menggunakan jaring (net) yang tipis tetapi cukup
kuat, sehingga jelas bagi yang membongkar akan terhenti pada waktu akan
melampaui jarig pemisah tersebut.
Ship = Kapal adalah alat transportasi di
laut.
Ship to ship adalah kegiatan pemuatan
atau pembongkaran antar kapal ke kapal lain
Shipment adalah pengiriman, pengapalan.
Shipowner adalah pemilik kapal
Shipper (Pengirim Barang) adalah orang
atau badan hukum yang mempunyai muatan kapal untuk dikirim dari suatu
pelabuhan tertentu (pelabuhan pemuatan) untuk diangkut ke pelabuhan
tujuan.
Shipper adalah pengirim muatan
Shipping adalah pelayaran, perkapalan
Shipping Business adalah bisnis
pelayaran niaga
Shipping Document adalah dokumen-dokumen
pengapalan muatan, seperti
Shipping Order, Cargo Manifest, Bill of
Lading, Mate's Receipt, Delivery Order, Invoice, Marine Insurance
Policy, C.B.L.
Shipping Order adalah surat perintah
yang dikeluarkan perusahaan atau agennya yang ditujukan kepada nahkoda
atau perwira kapal untuk memuat barang sesuai yang tertera pada shipping
order tersebut.
Shipping Order adalah surat tanda bukti
pembukuan muatan untuk di kapalkan. Shipping Instruction. Booking Note
Short in Dispute adalah selisih hitungan
collie, dimana pihak carrier menghitung kurang dari pada yang dihitung
oleh shipper. Hitungan yang benar akan diselesaikan di pelabuhan tujuan
Shortlanded Cargo adalah jumlah muatan
yang dibongkar kurang dari yang sebenarnya disebut "Shortlanded
indispute", lawannya overlanded.
Sludge adalah suatu campuran minyak dan
air, biasanya setengah padat, kadang-kadang mengandung pasir atau
kepingan karat.
Sling adalah tali manila atau kawat baja
tak berujung pangkal, untuk mengangkut muatan/peti
Snotter adalah sebuah tali sling tunggal
yang sering digunakan untuk mengangkat atau menghibob barang.
Space, Bale adalah ruang muatan yang
disediakan untuk muatan yang dibungkus
Space, Grain adalah ruang muatan bagi
muatan curah
Special Designed Ship adalah kapal yang
di bangun khusus untuk mengangkut jenis muatan tertentu (misal: log
carrier)
Spreader adalah alat khusus berupa
kerangka baja segi empat untuk mengangkat peti kemas (boleh disebut:
sling peti kemas). Biasanya spreader dilengkapi dengan "locking pin"
pada keempat ujungnya; pen tersebut dimasukkan ke dalam lubang pada
keempat sudut peti kemas dan mengunci dengan sendirinya ketika spreader
diangkat. Bila spreader yang bawahnya tergantung peti kemas tersebut,
diletakkan, maka pena akan membuka secara otomatis
Stabilitas Awal adalah keseimbangan
kapal yang sedang mengoleng; (karena gaya-gaya dari luar) sampai suatu
sudut dimana moment kelembaman bidang air membujur kapal masih mempunyai
nilai tetap; stabilitas pada sudut senget kecil
Stabilitas Kapal = Initial Stability
adalah keseimbangan kapal pada sudut senget kecil (senget 100-150
tergantung bentuk kapal) dimana letak titik M masih dianggap tetap.
Stabilitas Negatif = Unstabel
Equilibrium adalah kondisi stabilitas kapal dimana titk Gravity berada
di atas titik Metacentre.
Stabilitas Netral = Neutral Equlibrium
adalah kondisi stabilitas kapal dimana titik Gravity berimpit dengan
titik Metacentre.
Stabilitas Positif = Stabel Equilibrium
adalah kondisi stabilitas kapal dimana titik Gravity berada dibawah
titik Metacentre.
Steaming Time adalah waktu perjalanan
kapal dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya, dihitung dalam hari dan
jam
Stevedore adalah rencana/denah stowage
muatan didalam kapal.
Stevedoring adalah hal memuat dan
membongkar muatan kapal
Stiff = kapal kaku adalah keadaan kapal
dimana stabilitasnya positip tetapi GM nya terlalu besar, dengan
demikian momen penegaknya juga besar. Bila ia senget (pengaruh gaya dari luar)
maka akan kembali kekedudukan semula secara cepat sekali. Sifatnya
olengan kapal cepat dan menyentak-nyentak, penyebabnya karena
konsentrasi muatan terlalu banyak dibawah, cara mengatasinya dengan
mengosongkan tangki Double Bottom atau memindahkan muatan dari atas
kebawah.
Stowage adalah pemadatan, penempatan
muatan kedalam palka kapal
Stowage Factor adalah Volume ruangan
effektif dalam m3 yang digunakan untuk memadatkan muatan seberat 1 ton.
Stowage Plan adalah suatu bagan kapal
dimana muatan ditempatkan. Dilengkapi data-data pelabuhan muat dan
pelabuhan bongkar, nama barang, jumlah dan beratnya.
Stowage Rates adalah tarif uang tambang
yang didasarkan atas pemadatan barang di dalam ruangan palka kapal.
Stowage = Penataan Muatan adalah suatu
pengetahuan tentang memuat dan membongkar muatan dari dan ke atas kapal
sedemikian rupa agar terwujud prinsip-prinsip pemuatan.
Straight Bill of Lading adalah konosemen
mengenai muatan yang dikapalkan langsung kepada penerima (consignee)
tertentu; Recta B/L
Stripping adalah pembongkaran atau
pengeluaran barang dari dalam container, di CFS atau tempat lain.
Disebut juga Un-Stuffing
Stuffing adalah pemuatan barang kedalam
container.
Subject Matter of Insurance adalah
barang pertang-gungan; obyek asuransi
Sublect adalah penyewaan kembali kapal
charter kepada pihak ketiga;
Subletting (lihat: Disponent Owners)
Sue and Labour Clause adalah syarat
asuransi yang menetapkan kewajiban masing-masing pihak untuk memperkecil
akibat resiko kerusakan barang pertanggungan
Summer Fresh Water Load Line adalah
garis batas tenggelam kapal pada waktu berada diair tawar, didaerah
musim panas permanen atau didaerah musim panas pada waktu musim panas,
dan draftnya akan kembali ke garis "S", jikam kapal kembali ke laut.
Summer Load line adalah gari batas
tenggelam kapal pada waktu berada didaerah musim panas permanen atau
daerah musim panas pada waktu musim panas. Sisi atau garis "S" letaknya
segaris dengan pusat lingkaran garis air.
Surchange adalah uang tambahan dari
freight rate oleh karena ukuran/berat muatan melebihi ukuran yang
ditentukan.
Surcharge adalah biaya tambahan
Surcharge Heavylift adalah biaya
tambahan yang dipungut atas collo yang beratnya melebihi ukuran tertentu
Surcharge, Longlenght adalah biaya
tambahan dipungut atas collo yang panjangnya melebihi ukuran tertentu
Surveyor adalah pejabat yang diberi hak
menyaksikan dan meneliti keadaan muatan dan kapal atau lain-lainnya
termasuk kondisi alat-alat keselamatan yang ada dikapal
Tackle / Takal adalah katrol; kait;
suatu rangkaian 2 (dua) blok atau lebih yang dihubungkan dengan tali
ulang agar supaya beban yang diangkat dapat diatur kecepatannya dan
aman, serta pula untuk menjaga sentakan-sentakan yang berbahaya
Takal/Katrol adalah suatu rangkaian yang
terdiri dari 2 blok atau lebih yang dihubungkan dengan tali ulang
supaya beban yang diangkat dapat diatur kecepatannya dan aman, serta
pula untuk menjaga sentakan-sentakan yang berbahaya
Tally adalah hitungan tiap-tiap
collie/collo yang dimuat atau dibongkar, diseret catatan atas keadaannya
Tally Company adalah usaha jasa yang
bergerak dalam mengadakan perhitungan dan pencatatan muatan yang
dibongkar atau dimuat dikapal.
Tank adalah jenis container yang berisi
tangki cairan.
Tanker adalah kapal pengangkut muatan
cair; secara konstruksi disebut kapal tangki
Tender = Kapal Langsar adalah keadaan
kapal dimana stabilitasnya positip hanya nilai GM nya terlalu kecil,
dengan
demikian momen penegaknya juga kecil.
Bila ia menyenget karena gaya
dari luar, maka kembalinya kekedudukan tegak lambat sekali. Cara
mengatasinya dengan mengisi penuh tangki Double Bottom atau memindahkan
muatan dari atas ke bawah.
Tender adalah kapal bersandar dengan
cara merapat di sepanjang tubuh kapal lainnya
Tender of the Ship adalah penyerahan
kapal kepada pencarter
Tenggelam adalah keadaan kapal dimana gaya keatas lebih kecil dari gaya
ke bawah, atau tekanan keatas masih mampu menahan gaya berat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar