Merkah
kambangan menurut catatan sejarah bermula dari abad pertengahan, negara
Italia telah mempunyai undang-undang untuk pemuatan diatas kapal,
dimana setelah dilakukan pemeriksaan dan perhitungan, maka lambung kapal
diberi tanda.
Asal
mula dari lingkaran sebagai tanda merkah kambangan yang dipergunakan
sampai sekarang ini ialah dari Sardinia, dimana sarat maksimum dari
kapal pada waktu itu ditandai dengan sebuah titik yang merupakan sebuah
pusat dari lingkaran . Sedangkan orang – orang Venesia menandainya
dengan gambar Salib, dan orang Genoa dengan tiga baris yang membujur
terbuat dari besi.
Merkah Kambangan atau merkah benaman adalah
sebuah tanda untuk membatasi
jumlah berat yang boleh diangkut oleh sebuah
kapal dengan aman.
Pada tahun 1867 seorang anggota Parlemen Inggris
bernama Sir Samuel Plimsoll mempunyai gagasan agar semua kapal yang
berbendera Inggris untuk memasang merkah kambangan.
Penjelasannya
akhirnya diundangkan pada tahun 1890 untuk penyeragaman. Untuk
mengabadikan pencetusnya maka Merkah Kambangan juga disebut Plimsoll
Mark. Merkah kambangan ini kemudian diikuti oleh negara-negara maritim
lainnya. Merkah kambangan juga disebut Garis Muatan atau Load Line.
Garis Dek :
Sebelum kita memasang Plimsoll Mark (Merkah
Kambangan) maka harus ditentukan lebih dahulu letak dari garis-deknya
(deck-line) pada lambung kapal. Garis-dek ini merupakan garis datar di
mana sisi atasnya berimpit dengan sisi atas dari geladak lambung bebas
(freeboard-deck), dan letaknya di tengah kapal dengan ukuran panjang
300 mm dan lebarnya 25 mm. Deck-line harus dicat kontras dengan warna
lambungnya. Di cat hitam jika lambungnya putih atau warna terang. Di
cat putih atau kuning, jika warna cat lambungnya gelap.Lingkaran garis
air atau Plimsoll mark dilukis di bawah garis dek. Jarak antara bagian
atas deck-line, dari dua jenis dek = 540 mm di depan dari pusat
lingkaran dilukiskan Load-line, yang menandai batasan sarat bagi kapal
jika berada di laut atau zona tertentu.
Perubahan
sarat kapal oleh perubahan berat jenis (B.J) air disebut juga Fresh
Water Allowance, yang harus diketahui.
Jadi Fresh Water Allowance adalah angka dalam
milimeter perubahan sarat rata-rata jika kapal berlayar dari laut
menuju ke air tawar, atau sebaliknya, jika sedang dalam keadaan loaded
draft. Hal ini dapat dihitung dengan rumus:
FWA (dalam mm) = Displacement (dalam ton) 4 x TPC
Pembuktian rumus tersebut adalah sbb:
Pada gambar atas kapal terapung pada Summer Draft
di air laut pada WL. Maka V adalah volume air laut yang dipindahkan.
Sekarang jika pindah ke air tawar, maka WL, merupakan garis air kapal
yang memindahkan massa air tawar. Jadi di sini “v” merupakan penambahan
volume air tawar yang dipindahkan adalah : V + v
Sekarang jika ‘w’ merupakan massa air laut, dalam
volume ‘v’, dan ‘W’ adalah massa air laut pada volume ‘V’
S - “Summer Load line”, adalah garis batas
tenggelam kapal pada waktu berada di laut daerah musim panas permanen
atau daerah musim panas pada waktu musim panas (seasonal zone).
Tingginya sama dengan titik tengah lingkaran.
W - “Winter Load
line” Garis batas tenggelam pada waktu berada di daerah musim dingin
pada saat musim dingin (Winter).Jaraknya = (1/48) x Summer Draft
dibawah garis S.
T -
“Tropical Load Line” Garis batas tenggelam pada waktu kapal berada di
daerah tropis atau selama musim panas (tropic).Letaknya = (1/48) x
Summer Draft untuk tiap meter atas garis S.
F - “Summer Fresh
Water” Garis batas tenggelam selama kapal berada di air tawar selama
musim panas permanen.Jaraknya di atas : S adalah berdasarkan rumus :
W/4TPC mm, dimana W adalah displacement pada Summer Draft dan TPC (ton
per-centimeter-immersion) dalam cm.
WNA - “Winter North
Atlantic Load Line” Garis batas tenggelam selama kapal didaerah musim
dingin Winter North Atlantic.Letaknya : berada 50 mm di bawah W. Tanda
ini hanya dapat digunakan bagi kapal yang panjangnya 100 m atau kurang.
TF - “Tropical
Fresh Water Load line” Garis batas tenggelam kapal diair tawar musim
Tropis , di mana kapal dapat dimuati agar draft atau saratnya dra
Penggunaan WNA
a) Kapal Penumpang berlayar :
-
Di daerah North Atlantic
- Pada musim Winter
-
Panjang ≤ 100 meter
b) Kapal Tanker berlayar :
-
Di daerah North Atlantic
- Pada musim Winter
-
Setiap 100 meter → 25 mm
A. KAPAL KAYU YANG MEMUAT KAYU BILA :
1. Berlayar melintasi daerah North Atlantic
2.
Pada musim dingin (Winter)
3. Tidak perduli berapa
panjangnya, harus menggunakan LWNA Draft, dimana :
A. Bagi kapal yang panjangnya < 330‘ letak LWNA draft seletak
(sejajar) dengan WNA draft-nya kapal cargo.
B. Bagi kapal yang panjangnya > 330’ letak
LWNA draft seletak (sejajar) dengan W draft-nya kapal cargo.
WNA = Lumber Winter North Atlantic
B. KAPAL CARGO DAN PENUMPANG YANG :
1. Melintasi daerah North Atlantic
2.
Pada musim dingin (Winter
A. Bila panjang kapal tersebut L 330’ harus
menggunakan WNA draft (yang konstruksinya = fix 2 inches dibawah W draft
)
B. Bila panjang kapal tersebut L > 330’ cukup
memakai W draft-nya saja.
C. KAPAL TANKER YANG :
1. Melintasi daerah North Atlanti
2.
Pada musim dingin ( Winter )
Tidak perduli dengan
panjangnya, harus menggunakan WNA Draft, dimana konstruksinya (jarak)
dari W draft-nya setiap 100 feet panjang kapal maka koreksinya 1 inch
(dengan interpolasi).
Contoh : Panjang kapal 250”
Maka koreksinya,
Corr. = 250” X 1 “100’= 2,5”
Dapat dilihat :
S = Summer Load Line adalah batas tenggelam kapal
pada waktu berada di laut daerah musim panas permanen.
>
Tingginya sama dengan titik tengah lingkaran
W
= Winter Load Line adalah batas tenggelam kapal pada waktu berada di
daerah musim Dingin (Winter)
> Jaraknya = (1/48) x
Summer Draft di bawah garis S
T = Tropical Load Line
adalah batas tenggelam kapal pada waktu berada di daerah Tropis
>
Jaraknya = (1/48) x Summer Draft di atas garis S
F
= Summer Fresh Water Load Line adalah batas tenggelam kapal pada waktu
berada di air tawar selama musim panas tetap > Jaraknya di atas S
adalah :cm atau mm
WNA
= Winter North Atlantic Load Line adalah batas tenggelam kapal di
daerah Musim dingin Winter North Atlantic
>
Tanda ini hanya digunakan bagi kapal yang panjangnya ≤ 100 m
>
Letaknya garis ini 50 mm di bawah garis W
TF
= Tropical Fresh Water Load Line adalah batas tenggelam kapal di air
tawar musim Tropis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar